Beranda > Lain-Lain > Permasalahan Optic PS 2 SONY (Tebal)

Permasalahan Optic PS 2 SONY (Tebal)

image

Beberapa Bulan yang lalu PS 2 anak saya mengalami kerusakan pada bagian optic, awalnya bermula dari seringnya anak saya bermain Ps, terkadang di waktu libur sekolah hampir 5 jam sehari bermain dengan PS kesayangannya, pada saat dia bermain PS dia sering menganti-ganti permainannya otomatis itu sangat membebankan kinerja DVD-ROM,, alhasil dari seringnya gonta-ganti kaset munculah permasalahan pada DVD- ROM nya, awalnya hanya beberapa kaset Cd yang tidak bisa di operasikan, lalu lama kelamaan DVD- ROM sama sekali tidak bisa membaca kaset (No Disk). Saya pikir itu Optic nya yang rusak lalu saya coba antar ke tempat service PS2 SONY, ternyata disana saya di sarankan untuk mengganti Optic yang harganya sangat mahal berkisar 500 ribuan. Saya sangat heran sama tukang service itu, tanpa membuka atau me lihat apa yang terjadi dengan PS anak saya beliu langsung saja menyarankan untuk mengganti optic nya, jelas saya keberatan dikarnakan harganya sangat mahal. Lalu dengan berat hati saya sampai kan pada anak saya untuk bersabar dalam menunggu PS nya bisa normal kembali, lalu saya cari alternatif lain bagaimana supaya PS anak saya ini bisa di mainkan kembali, dari hasil penelusuran di internet banyak sekali alternatif yang di tawarkan tata cara mengatasi Optic yang rusak, mulai dari cara memperbaiki sampai memainkan PS2 Tanpa CD (hanya memakai memori card dan Flash disk). Lalu saya mencoba saran dari teman-teman bloger yang merilis artikel tentang cara bermain ps2 tanpa cd dan hasilnya sangat tidak memuaskan, banyak permasalahan yang muncul di samping itu terlalu ribet. Akhirnya dengan keberanian dan kenekatan, saya mencoba untuk memberanikan diri membongkar PS2 anak saya, hitung2 experimen dan menambah ilmu hehehe, awal nya saya sempat kebingungan untuk membuka penutup dari Ps tersebut, sebab ada beberapa screw yang tersembunyi (terkamuflase oleh cover body ps.. pada gambar yang di lingkari berwarna Biru).

image

Dua hari saya tidak bisa membuka body ps tersebut, ini dikarnakan saya kebingungan atau ketidak tahuan saya dalam membongkar cover body ps tersebut. Alhasil setelah sekian lama tidak berhasil saya mencoba membongakar kembali Ps tersebut kali ini saya tidak sendiri, saya berdua dengan anak saya yang sekarang duduk di bangku sekolah kelas 2 SD, setelah saya melepaskan 4 pcs screw yang ada pada bagian paling bawah (seperti contoh gambar di atas, tapi yang dilingkari warna Merah)

Lalu saya mencongkel-congkel body ps dengan tespen dan tidak berhasil, anak saya sempat heran melihat saya mencongkel body ps nya, lalu dia bilang screw nya belum terlepas smua masih ada lagi screw yang harus di buka lalu saya tanya screw yang mana yang belum di lepas, lantas anak saya menunjukkan dimana letak screw yang belum di buka. (Contoh Gambar di atas tapi yang dilingkari warna Biru)..

Saya pun heran dengan anak saya, kok anak sekecil itu tahu tentang Ps dua, saya pikir anak sekecil itu hanya bisa memainkannya saja ternyata saya salah, saya tanya dari mana dia bisa tahu tentang ps itu di jawab dari tempat Rental PS, ia pernah melihat penjaga rental membongkar ps nya. Mungkin ini lah kesalahan saya sebagai orang tua, karna kurangnya waktu saya untuk keluarga, saya terlalu sibuk dengan urusan sendiri sehingga kurang nya memantau perkembangan anak sendiri. Kok jadi curhat begini ya hehehehe……….

Ok lanjut ke topik,

Setelah cover body berhasil di buka lalu saya tes, saya masukkan kaset cd dan ternyata kaset tersebut berputar lalu saya tunnggu reaksi yang muncul pada monitor TV dan ternyata hasilnya sama yakni optic masih tidak bisa membaca cd alias no disk…..

Lalu saya buka penutup CD atau apalah namanya ini (lihat gambar di bawah):

image

Saya lepas kan pengikat cd yang berwarna putih ini (ada di dalam penutup Cd yang pada gambar di atas yang di lingkari tanda Biru )

Dan saya letak kembali Cd nya lalu saya tes, dari hasil pengamatan saya, saya melihat indikator nyala lampu dari optic tersebut tidak bergerak hanya diam di tempat, sementara cd berputar dengan kencang tetapi kerja dari mekanis optic tersebut hanya diam di tempat saja tidak bergerak sama sekali. Saya ambil kembali cd nya lalu saya pegang rumah optic tersebut ternyata bisa di gerakkan secara manual (seperti ada gear yang lepas, optic bisa di geser denga ringan sekali tanpa ada beban) umumnya kalo optic yang normal apabila kita geser terasa agak berat atau ada bunyi dari pergesekan gear, ini tidak terjadi pada Optic Ps anak saya. Lantas saya cek kembali apa yang terjadi dengan mekanisme optic ps tersebut setelah di cek ternyata ada screw yang kendor (Lihat gambar di bawah yg di lingkari warna merah, tapi di bagian belakang, anda harus mengangkat mekanikal CD/DVD-ROM):

image

(Oh ya,,, saat anda melepas kan mekanikal CD/ DVD-ROM, anda harus hati-hati. Disana ada kabel plexible yang sangat rentan kerusakan… )

Screw ini sangat vital pungsinya, screw inilah yang menyatukan gear dari motor dengan rumah optic biar bisa bergerak secara otomatis. Setelah saya kencangkan ikatan dari screw tersebut saya tes kembali ps anak saya, dan hasilnya sangat menakjubkan……… PS anak saya bisa berpunsi kembali atau bisa membaca CD kembali.

imageimage

Dari keberhasilan saya dan anak saya membongkar PS nya Reaksi anak saya sangat gembira ia begitu senang setelah Psnya berhasil di perbaiki, tentunya saya pun sangat senang disamping senang melihat anak saya bisa bermain kembali dengan Ps kesayangannya saya pun senang karna tidak tertipu oleh tukang service yang notabene menyarankan saya mengganti Optic, coba anda bayang kan berapa besarnya kerugian saya dalam hal ini, hanya dengan mengencangkan screw tersebut saya harus merogoh kocek sebesar 500ribu, itupun belum pasti optic nya di ganti dengan yang baru, saya sangat yakin pasti ia hanya mengikat kembali screw yang kendor tadi…

Atas kejadian ini saya ingin berbagi pengelaman kepada teman2,

1. jangan cepat menyerah dalam mengatasi permasalahan.

2.Cari tahu terlebih dahulu apa yang terjadi.

3.Cari Solusi yang terbaik.

4.Ini yang paling utama dan terpenting, Luangkan lah waktu untuk keluarga, temani anak2 saat bermain dan pantau perkembangan anak.

Terimakasih atas ke datangan teman-teman dalam Blog ini, semoga dapat membantu anda…..

Oh ya saya sangat tertarik dalam hal bermain PS tanpa menggunakan DVD-ROM, muda-mudahan saya menemukan artikel dari teman-teman yang tidak terlalu ribet. Mungkin akan saya tes dan nanti hasilnya akan saya share ke teman-teman semua. Ya hitung-hitung antisipasi mana tahu optic nya benar-benar rusak dan kita tidak berniat untuk mengganti optic tersebut karna harganya sangat mahal….

  1. ndi
    2 Agustus 2011 pukul 16:11

    trima kasih..saran dan kiat anda sangat brguna bagi saya yg mmiliki rental ps2

  2. 30 Agustus 2011 pukul 15:30

    bang….gimana caranya benerin kaset di laptop yang ga mau muter bang…??
    kalo kaset kuning ga mau muter…

    kalo kaset putih mau muter bang…gimana solusinya bang ????

    • 30 Agustus 2011 pukul 21:36

      trimakasih sebelumnya atas pertanyaan anda, saya bingung nich, apa yang kamu maksud dengan kaset kuning?…. ( apa kaset DVD, ) biasanya kaset yang berwarna kuning adalah kaset Dvd,, mohon periksa dulu apakah CD Rom pada laptop suport Kaset DVD…

      • 21 Agustus 2013 pukul 18:12

        kalo bukan warna kuning berarti optik nya ngak baguz lagi….

    • jooking
      19 Mei 2016 pukul 12:01

      Solusimya:
      1. Jangan pake kaset kuning lagi..
      2. Siapkan cat/pilox putih secukupnya, jika ada kaset yg ta terbaca semprot/cat kaset tsb hingga rata dgn warna putih..
      3. Belilah kaset yg putih saja, jangan warna lainnya..
      Terima kasih.

  3. deden ibrahim
    29 November 2011 pukul 15:50

    sori nanya sembentar,
    tau gak yah kenapa sih? ada kaset yang gak bisa di baca di ps 2 tebal saya itu gimana caranya ya ?

    • 30 November 2011 pukul 19:43

      Ps2 tebal terkadang suka memilih-milah kaset, sama halnya seperti punya anak saya, kalo belikaset usakan jangan yang berwarna kuning.

  4. lucky
    24 Februari 2012 pukul 21:33

    trima kasih ya mas ilmunya

  5. rio
    7 Mei 2012 pukul 15:30

    terimakasih trick ny akan saya coba.

  6. yadi
    9 Oktober 2012 pukul 10:04

    bang mau tanya ni..,klo gambarnya tidak berwarna alias hitam putih tapi suara normal itu apanya? makasih

  7. Cheeras venz Blitzz
    5 November 2012 pukul 14:07

    Bang. aku boleh nanya gak?. Ps2 ku tebal, sepertinya optiknya yang bermasalah. jika saya ingin bermain. selalu ada tulisan “MEMORY CARD” beserta gambarnya. kalo gtu apanya yang rusak, mohon penjelasanya. terima kasih

  8. 18 November 2012 pukul 09:39

    terimah kasih bang atas sarannya ! berkat sarannya PS2 saya jadi baik.

  9. firman
    10 Desember 2012 pukul 09:35

    ciang teman.

  10. 23 Desember 2012 pukul 21:10

    gimana kalau gearnya itu yg tadi patah ?
    n beli dmn ?

  11. 26 Desember 2012 pukul 11:02

    saya mau tanya , kalo psnya nyala tapi gk keluar gambar ? kira2 itu apa yang rusak ya ?

  12. aulunk
    21 Maret 2013 pukul 02:37

    ax akn coba kya ny sama permaslh’n ny, smga ax jga bisa dn brhasil do’a !n ea.

  13. 11 Mei 2013 pukul 16:05

    bro kok baut ps ku yang dibawah tempat kabel kok gak mau kebuka ?

  14. 28 Mei 2013 pukul 10:39

    They protect it from heat and split ends, even rejuvenating already damaged hair.
    Some people might think you would be crazy to use an oil on oily skin
    to fight any signs of acne, however Argan oil is a nut oil and very light on the skin so much so that you will
    help your condition become much better than it already
    it. It may be applied on the hair of men who are suffering from hair thinning.

  15. RENTAL PS PUDAK
    12 Juni 2013 pukul 00:27

    wah, pengalaman yang sangat menarik. Jadi pengen share juga nih. Dulu pengen punya ps2 tapi takut katanya ongkos servicenya mahal, gampang rusak dlsb. Pengen maen ps2 yang katanya bisa tanpa kaset tapi gak tau caranya dan akhirnya setelah browsing browsing di internet, coba coba sendiri melalui proses trial and error yang berkali kali akhirnya berhasil. Kesimpulannya : jangan menyerah !

  16. PS PUDAK
    14 Juni 2013 pukul 00:48

    saran saya jangan pake optik lagi deh, pake aja hard disk

  17. 14 Juli 2013 pukul 17:39

    Bang kalo PS saya Kaset ada yang bisa ada yang gabisa Itu Kenapa ya ? Contoh yg bisa : the sims sama midnight club 2 itupun muternya sangat kencang , contoh gabisa : bola dll. Itu kenapa ya bang mohon mohon bantuannya trima kasih !

  18. abdurrahim
    19 Desember 2013 pukul 07:16

    kenapa ps2 saya tidak mengeluarkan suara,padahal gambarnya tampak,
    mohon solusinya.

    • 9 Januari 2014 pukul 14:45

      coba periksa yang betul sambungan kabel audio

  19. Tri Setiarto
    7 Januari 2014 pukul 09:11

    kebetulan ps2 juga sama masalahnya .. mudah2an artikel ini berguna sekali … terima kasih

  20. 14 Juni 2014 pukul 14:05

    Mas punya saya kok gk bisa baca kasetnya ya, pas saya nyalakan kan abis itu keluar logonya, lha setelah saya tunggu agak lama kok gk keluar” game nya…???
    Itu knapa mas, tolong solusinya…🙂

  21. 10 Juli 2014 pukul 14:37

    saya masih remaja dan tidak mengerti bagian ps, tap ps sy rusaknya sm kyk punya om no can read the disc.ortu marah” kalo di service, biasa lah.sarannya nie ps dii apain???

  22. Richardo todingbua
    8 Desember 2014 pukul 20:39

    saya memiliki Ps2 tapi semnejak saya kelas 2 smp ps2 saya rusak,karna kasetnya tdk bisa terbaca pernah saya ontak antik kasih menyala mati tapi selalu kembali ke no data pusing bagaimana caranya agar baik…….

  23. 29 Juni 2015 pukul 13:22

    matab bos postingannya dan pengalamannya sngat membantu !!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

