Beranda > Kreasi Photo, PhotoShop CS3 > Cara membuat gambar animasi Menggunakan PhotoShop CS3

Cara membuat gambar animasi Menggunakan PhotoShop CS3

Sekian lama mencari tahu tentang tutorial Adobe photoshop cs3 akhir nya dapat juga, Seseorang yang saya panggil dengan nama Om Hendri, salah satu staff pengajar di salah satu instansi swasta di JOGJA telah berbaik hati untuk memberikan penyuluhan tentang photoshop.

Beliu memberi contoh cara  edit photo, mengkombinasikan photo,bahkan memberikan sebuah Link tempat belajar tutorial photoshop cs3.

Berikut ini saya lampirkan cara membut sebuah gambar ANIMASI, yang saya kutip dari Link tersebut:

Animasi di photosop ini diantaranya meliputi pergerakan suatu obyek, transparasi suatu obyek, wrap atau bentuk suatu obyek dan perubahan warna atau style pada suatu obyek. Mengenai animasi yang lain saya belum tahu. Di sini saya akan mencontohkan animasi perubahan warna atau style pada tulisan, di mana animasi ini juga dapat diaplikasikan untuk membuat banner. Banner untuk tukar link juga boleh.

Pertama yang saya lakukan membuat kotak empat persegi panjang ataupun bentuk kubus, lebih gampang lagi kita ambil sebuah photo lalu photo tersebut kita kasih kata2 apa saja.

Setelah itu aktifkan timeline animasi lewat menu window pilih animation.

timeline

Untuk mengubah durasi klik pada bagian yang ditujukkan pada nomor satu gambar di atas. Ada baiknya Anda menset durasi tidak terlalu panjang karena dengan panjangnya durasi maka file yang dihasilkan juga akan besar. Untuk mengubah tampilan frame dapat Anda klik pada bagian yang ditunjukkan pada nomor dua. Karena yang akan saya animasi adalah perubahan warna atau style-nya, maka saya aktifkan layer style dan klik pada gambar stopwatch. Gambar di atas ditujukkan pada nomor tiga. Di layer stye akan muncul keyframe di frame pertama yang ditandai dengan munculnya kotak kecil berwarna kuning. Geserlah head ke kanan ke frame tertentu yang Anda kehendaki lalu ubahlah warna atau style tulisan banner tadi lewat menu Layer – layer style – blending options. Ubahlah parameter-paremeter yang tersedia dari parameter shadow, glow, emboss sampai stroke sesuai dengan keinginan Anda.

blending opiton

Perubahan style juga dapat dilakukan dengan memilih pada panel style. klik thumbnail style yang anda suka.

style

Geser head ke kanan lagi ke frame yang anda kehendaki dan lakukan perubahan lagi. Lakukanlah berulang-ulang sampai frame terakhir.

Untuk melihat hasil dari animasi, klik pada tombol play yang terletak pada kiri bawah timeline animation.
Langkah terakhir adalah menyimpan animasi dalam format gif lewat menu File – save for web and devices. Pilihlah dalam format gif (pada gambar di bawah ditunjukkan dengan huruf “a”), jika anda ingin mengubah ukuran banner dapat anda pilih tab image size, isikan parameternya dan jangan lupa klik tombol apply (ditunjukkan dengan huruh “b”). pada looping options pilih forever (ditunjukkan dengan huruf “c”), setelah itu klik tombol play. Jika sudah sesuai keinginan lanjutkan klik save.

save for web

Nah sekarang file gambar berformat gif telah selesai dibuat dan bukalah file gif tersebut menggunakan web browser.

gambar animasi di bawah ini menggunakan durasi yang terlalu panjang, sehingga file menjadi besar dan load animasi juga jadi lebih lambat

  1. 26 Januari 2011 pukul 18:27

    pertamax gan, makasie atas infonya. manstapppppp

  2. Darul
    21 April 2011 pukul 13:59

    Kasih tau juga donk link-nya!

  3. 8 November 2011 pukul 13:55

    Link’a mana gan

    • 10 November 2011 pukul 23:53

      Kalo agan mau belajar banyak tentang photo shop coba agan ke sini

  4. aguschandra
    12 Februari 2012 pukul 14:14

    q m belajar tapi tempat agan jauh saya banyak aktifitas gmana melalui email

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar